Friday, March 25, 2011

understanding PRAYER

after googling to find the bacaan dalam solat with the meaning, and go all over trying to find them, most of the webpage only write the meaning, without the exact dua. so i go to further extend, finding here and there, editing and all, here go the reading and the definition. and feel free to correct me if im wrongg anywhere. and the dua, there is a lot of version and way to read them, but i chose the one i used to use :)

1. Doa iftitah
Allahu akbar kabeera walhamdu lillahi kathira wasubhanallahi bukrataw wa'asila. wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa ana minal musyrikiin. Inna salaati wa nusukii wa mahyaayaa wa mamaatii lillaahi rabbil ‘aalamiin. Laa syariikalahu wa bizdaalika umirtu wa ana minal muslimin.

Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah dengan banyaknya. Maha suci Allah sepanjang pagi dan petang. Aku hadapkan wajahku bagi Tuhan yang mencipta langit dan bumi, dengan suasana lurus dan berserah diri dan aku bukan dari golongan orang musyrik. Sesungguhnya solatku, Ibadatku, hidupku, matiku adalah untuk Allah Tuhan sekelian alam.
Tidak ada sekutu baginya, demikian aku diperintahkan, dan aku adalah termasuk kedalam golongan orang-orang yang berserah diri.

2. Al- Fatihah
Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil’aalamin Arahmaanirrahiim Maaliki yawmiddiin Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin Ihdinash shiraathal mustaqiim Shirathal ladziina an’amta alaihim gahiril maghdhuubi’alaihin waladh dhaalliin Aaamiin
Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memelihara sekalian Alam Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Yang merajai hari pembalasan Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu saja kami mohon pertolongan Tunjukilah kami jalan yang lurus Jalan mereka yang Engkau beri ni’mat, bukan jalan mereka yang engkau murkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. Kabulkanlah permohonan kami, ya Allah!
3. Ruku'

Subhaana rabbiyal azhimi wa bihamdih

Maha Suci Tuhanku lagi Maha Agung dan segala puji bagiNya
4. Doa ketika I'tidal
Sami’allaahu liman hamidah. Rabaanaa walakal hamdu.

Maha mendengar Allah akan pujian orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan kami, untuk-Mu lah segala puji.

5. Sujud
Subhaana rabbiyal a’la wabihamdihi
Mahasuci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan segala puji bagiNya

6. Duduk antara dua sujud
Rabbighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wa’afinii, ( wa’fu’annii. )
Wahai Tuhanku, ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupilah aku, angkatlah darjatku, berilah aku rezeki, sehatkanlah aku, dan maafkanlah segala kesalahanku

7. Duduk tahiyat
At tahiyyaatul mubarakatussalawaatut toyibaatu lillah Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh Assalaamu’alainaa wa’ala ibaadillahis shaalihiin Asyhadu anlaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh
Segala kehormatan , segala kurnia, segala ucapan pengagungandan pujian hanyalah milik Allah, begitu pula segala do’a dan semua yang baik-baik. Salam sejahtera untukmu wahai para Nabi, dan rahmat Allah serta barakah-Nya. Salam sejahtera untuk kami dan untuk para hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah, dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya

Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa’alaa aali Muhammadin, kamaa shallaita ‘alaa Ibraahim wa’alaa aali Ibrahim, wa baarik ‘alaa Muhammadin, kama baarakta ‘alaa Ibrahiima wa’alaa aali Ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid.

Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, dan berilah berkat kepRemove Formatting from selectionada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi berkat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha Mulia.

there, i hope my post is helpful insyaAllah

p/s Allah, ringankanlah solatku dengan Khusyu'

references :

http://www.baitulummah.org/web/?p=141

http://www.scribd.com/doc/3147156/Panduan-SolatSembahyang-Cara-NabiRasulullah-saw

No comments: